Annabel Teh Gallop, Jambi dan Filologi di Zaman Gawai

Dr. Annabel Teh Gallop

Oleh: Jumardi Putra*

September 2017, sebanyak 47 individu dari pelbagai latar belakang profesi, menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Helatan rutin Kemdikbud sedari tahun 2012 ini menghimpun tujuh kategori penghargaan yaitu Kategori Pencipta, pelopor, dan pembaru; Kategori Pelestari; anak dan remaja; Kategori Maestro Seni Tradisi; Kategori Komunitas; Kategori Pemerintah Daerah; dan Kategori Perorangan Asing.

Khusus kategori perorangan asing 2017 jatuh pada tiga nama yaitu Annabel Teh Gallop dari Inggris. Ia adalah peneliti manuskrip, surat, dokumen, dan cap Melayu, serta seni Alquran di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Selain Annabel adalah Richard Harry Chauvel dari Australia, ahli bidang sejarah dan politik indonesia, hubungan Australia-Indonesia dan kebijakan luar negeri Australia serta Mitsuo Nakamura dari Jepang, ahli bidang pengetahuan dan permasalahan komunitas Islam Indonesia dan aktif dalam perbagai kegiatan dialog antar peradaban antar keyakinan.

Raihan Annabel itu melengkapi anugerah kategori peneliti asing tahun sebelumnya (2016) yakni Margaret J. Kartomi pada bidang musik tradisional Indonesia, Merle Calvin Ricklefs bidang sejarah Indonesia zamah dahulu, dan Anthony Reid bidang sejarah Sumatera Moderen. Ketiganya sama-sama bermukim dan bekerja sebagai profesor di universitas di Australia.

Mendapati kabar raihan Anugerah Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu, mewakili kawan-kawan Seloko Institute, saya mengucapkan selamat sekaligus sukacita atas Anugerah Budaya yang disematkan pada Dr. Annabel Gallop atas dedikasinya sebagai peneliti manuskrip, surat, dokumen, dan cap Melayu, serta seni Alquran di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

“Terima kasih. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di Jambi atas kerjasama yang begitu menyenangkan. Nanti saya kirim makalah saya saat seminar Internasional Pernaskahan Nusantara 2017 di Surakarta, Jawa Tengah, 26 September 2017, tentang Surat Piagam Jambi,” balas Annabel.


Annabel dan Jambi

Datuk Dr Annabel Teh Gallop, yang lahir di Inggris dan dibesarkan di Brunei, telah menghabiskan lebih dari tiga dekade berkeliling ke banyak negara untuk mempromosikan manuskrip bersejarah yang ditulis dalam bahasa Melayu. Annabel termasuk dari sedikit orang yang bertungkus lumus melakukan hal itu.

Selain menjadi anggota dewan redaksi jurnal “Indonesia and the Malay World,” yang berbasis di SOAS, University of London, Dr Gallop diangkat sebagai asisten profesor di Fakultas Bahasa dan Komunikasi Universiti Sultan Zainal Abidin di Terengganu untuk tahun ajaran 2017–2018. Selain bergerak di ranah kampus, ia ikut mengarahkan proyek penelitian yang didanai British Academy, Islam, Perdagangan, dan Politik di Samudera Hindia (2009–2013), yang mengamati hubungan Utsmaniyah dengan Asia Tenggara. Dia juga bertugas di komite Asosiasi Studi Asia Tenggara di Inggris (ASEASUK).

Sekarang Annabel Teh Gallop merupakan Kepala Kurator Naskah Asia Tenggara, British Library, London. Penelitiannya saat ini berfokus pada seni Alquran di Asia Tenggara. Pemahaman tentang materi dan budaya manuskrip sebagai bagian signifikan tekstualnya adalah tema yang ditekuni dalam studinya. Annabel Teh Gallop melalui Lembaga yang ia pimpin, telah mendigitalkan pelbagai naskah Melayu tua yang berharga sehingga siapa pun yang tertarik untuk belajar lebih banyak dapat mengaksesnya dengan mudah.

Dedikasi Annabel telah menghidupkan kembali minat para sarjana pada manuskrip Melayu kuno, yang kaya akan bahasa serta gambar dan makna yang termaktub di dalamnya. Karyanya yang lain, antara lain Surat Emas: Tradisi Tulis di Indonesia; artikel Meterai bersilsilah Kaiser Mughal India; Piagam Serampas: dokumen Melayu dari pedalaman Jambi, dan Piagam Muara Mendras: tambahan dokumen Melayu dari pedalaman Jambi, dan Seni Hias Manuskrip Melayu (iluminasi naskah Melayu) di Warisan manuskrip Melayu (Kuala Lumpur, 2002).

Sejak meraih gelar doktor di School of Oriental and African Studies di London pada tahun 2002 dengan tesis “Inskripsi Cap Melayu: Sebuah Studi Epigrafi Islam dari Asia Tenggara”, ia telah diakui sebagai sarjana terkemuka di dunia dalam studi dan sejarah surat, manuskrip, cap, dan dokumen Melayu kuno. Ia juga telah berbagi pengetahuan dan penelitiannya dengan banyak organisasi warisan budaya lokal dan internasional. Di antara banyak organisasi tempat dia bekerja adalah Cabang Malaysia dari Royal Asiatic Society on Seals as Sources for the History of Negeri Sembilan pada tahun 2013, Institut Alam dan Tamadun Melayu, Universitas Kebangsaan Malaysia pada tahun 2006.

Karya Annabel Teh Gallop (2019)

Di antara banyak wilayah (daerah) penelitian yang ia kunjungi di Indonesia yaitu Jambi adalah salah satunya. Paling tidak untuk menyebut contoh, penelitiannya mengenai Piagam Serampas dan Muara Mendras memberi gambaran perhatian Annabel pada studi filologi di Jambi.

Selain pernah menjadi chairperson (kurator) sekaligus pembentang makalah berjudul “The Royal Animal Seals of Jambi” pada perhelatan Konferensi Internasional Studi Jambi (International Conference on Jambi Studies), 21-24 November 2013, Annabel juga pernah diundang oleh Seloko Institute bekerjasama dengan KKI WARSI ke Jambi dalam rangka pelatihan pernaskahan pada 15-16 September 2014.

Pelatihan tersebut fokus pada pengayaan pengetahuan seputar naskah (filologi) dan aspek luaran naskah (kodikologi) serta sosial budaya yang menyertai keberadaan masing-masing naskah. Di samping itu, pelatihan tidak saja fokus pada naskah-naskah Jambi, seperti piagam, cap, mushaf, dan berbagai dokumen berupa surat kontrak perjanjian antar Kesultanan di Nusantara, melainkan juga pernaskahan dalam cakupan yang lebih luas yaitu Nusantara.

Menurut Annabel Gallop, sampai sekarang banyak naskah Jambi yang belum tersentuh oleh peneliti, terutama filolog. "Sejauh ini dalam penelitian saya di Nusantara, cap yang menggunakan lambang hewan hanya ditemukan di Jambi," ungkapnya.

Ia pun memperlihatkan koleksi foto cap asal Jambi kepada peserta pelatihan. Salah satunya adalah cap era kepemimpinan Sultan Thaha Syaifudin yang berupa kaligrafi berbentuk Angsa. Menurut Annabel, cap tersebut adalah salah satu penemuannya ketika ia menyusun disertasi sekira dua belas tahun lalu.

Sejauh ini, diakui Annabel baru ditemukan 1830 cap Islam dari wilayah Asia Tenggara, dan 90 persen dari keseluruhan itu merupakan tinggalan abad ke-18 dan 19.

“Sepencatatan kami, dalam rentang 1700-1750 ditemukan sebanyak 144 cap, 1750-1800 sebanyak 356 cap, sedangkan periode 1800-1850 sebanyak 378 cap, dan periode 1850-1900 sebanyak 788 jenis cap,” tambahnya.


Filologi di Zaman Gawai

Hal menarik dari kerja Annabel adalah kesaksiannya tentang studi filologi dalam abad gawai sekarang ini. Hal itu diakui Annabel saat menyampaikan makalahnya pada Simposium Internasional ke 16 Pernaskahan Nusantara (26-29 September 2016) yakni media sosial facebook dan kontribusinya dalam kajian naskah dewasa ini.

Kesaksikan Annabel itu (lihat tayangannya di youtube) menunjukkan pengalaman dirinya melakukan identifikasi teks-teks klasik, seperti ketika risetnya tentang illuminasi naskah mushaf al-Qur'an hingga soal stempel-stempel kuno di dunia Melayu-Nusantara.

Melalui media facebook, ia mampu menghimpun masukan, saran dan diskusi tentang persoalan-persoalan yang disebarkan melalui media tersebut. Tentu, ini salah satu strategi bagaimana memanfaatkan teknologi informasi di abad ke-21.

Saya dan tentu juga nitizen yang menaruh perhatian pada topik pernaskahan pernah berinteraksi langsung melalui facebook bersama Annabel dalam bentuk sharing hasil identifikasi terhadap teks-teks klasik. Bahkan, dalam kasus identifikasi terhadap teks yang tertera pada cap era kepemimpinan Sultan Thaha Syaifudin, yang berupa kaligrafi berbentuk Angsa terjadi pertukaran antara Annabel dan beberapa pegiat pernaskahan di Jambi. Di situ, Annabel menampilkan citra sebagai peneliti yang partisipatif.

Kerja Gallop itu, setidaknya mampu  menjawab anggapan umum kita sekarang ini yang seolah final yaitu kajian naskah ketinggalan zaman dan tidak atraktif sehingga cenderung ditinggalkan generasi sekarang. Faktanya, Gallop tidak ketinggalan zaman, ia justru berhasil memanfaatkan perangkat teknologi modern untuk kepentingan (dan kemudahan) kajian naskah itu sendiri.

Sangat terbuka kemungkinan lewat jejaring pertemanan media facebook, generasi sekarang yang tadinya tidak tahu tentang pernaskahan (naskah-naskah manuskrip) menjadi tahu, tidak suka akhirnya menjadi suka. Dengan kata lain, studi filologi bukan semata digeluti oleh orang-orang yang hanya memiliki minat terhadap naskah, tetapi oleh sesiapa saja yang riang-gembira berbagi informasi yang relevan dan senantiasa menggairahkan studi filologi di Nusantara.


*Tulisan ini terbit pertama kali di rubrik sosok portal kajanglako.com pada 15 Maret 2018.

*Sumber foto Dr. Annabel Teh Gallop: (SooPhye). www.optionstheedge.com

*Buku berjudul Malay Seals from the Islamic World of Southeast Asia terbit tahun 2019.

0 Komentar