Pemeringkatan Cagar Budaya Jambi

 

Percandian Muarojambi. sumber: sindonews.com

Oleh: Jumardi Putra*

Dalam sebuah diskusi bertajuk 'Pemeringkatan Cagar Budaya' di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi, hari ini, bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Kemdikbud RI, yang dikomandoi oleh Junus Satrio dan beberapa peneliti lainnya, setidaknya memuat beberapa persoalan penting antara lain yaitu gerakan pendewasaan pada simbol-simbol kebudayaan (tangible-intangible) perlu mendapatkan frekuensi yang memadai dengan diiringi lahirnya gerakan cerdas oleh institusi kebudayaan (termasuk pusat studi), para akademisi, komunitas pelestari cagar budaya, serta terbukanya ruang kreasi sebagai medium penghayatan nilai-nilai kebudayaan yang mengitari bangunan, struktur atau artefak yang dihasilkan oleh sebuah kelompok masyarakat pada sebuah masa (sesuai kriteria cagar budaya itu sendiri).

Dengan kata lain, menyerahkan urusan kebudayaan semata-mata pada pihak pemerintah adalah tindakan keliru. Hal itu masuk akal, mengingat gerakan ini merupakan bangunan dasar bagi upaya perlindungan, pemanfaatan dan pelestarian sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat di saat terjadinya degradasi budaya lokal.

Kemudian transisi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang menghendaki terbentuknya Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) yang bertugas memastikan pemeringkatan cagar budaya. Muncul pertanyaan, apakah di setiap daerah telah memiliki tim tersebut dengan spesifikasi kelimuan dan lain sebagainya sehingga layak dipertanggungjawabkan secara akademis, teknis, dan administratif.

Menurut pak Junus, Tim yang ada baru berjumlah 10 orang, dan itu masih di Pusat semua (baca: Kemdikbud, Jakarta). Sementara amanat UU Cagar budaya, TACB harus ada di setiap daerah yang nantinya secara kepastian hukum dilegitimasi melalui keputusan Bupati atau Gubenur, tergantung sebaran objek cagar budaya (bisa bersifat situs atau kawasan). Karena status objek cagar budaya harus terlebih dahulu melewati pendaftaran dan pemeringkatan melalui kabupaten/kota atau provinsi hingga nasional.

Kabar yang menggembirakan yaitu tim di setiap daerah akan diisi 60% oleh keterlibatan masyarakat di luar mereka yang memenuhi unsur 'intelektual autority' di bidang kepurbakalaan. Di sinilah keterlibatan akademisi, jurnalis media (cetak/online), LSM, komunitas, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya. Tinggal sistem rekrutmen yang mesti kita atur nantinya di lapangan dan bagaimana sistem pendidikan atau pendampingan bagi mereka yang dipilih menjadi tim, mengingat tugas mereka berkaitan lansung dengan benda-benda kepurbakalaan.

Selanjutnya, TACB yang dibentuk akan dievaluasi lima tahun sekali. Artinya proses sertifikasi ini menjadi penting. Ada banyak hal penting yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut, terutama kebutuhan-kebutuhan prinsip yang ditimbulkan oleh gagasan reformasi pengelolaan cagar budaya saat ini (sebagaimana tercerminkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, pengganti dari UU Nomor 5 Tahun 1992 yang dinilai secara ideologis, akademis dan pertimbangan lainnya sudah tidak relevan lagi).

Di samping itu, UU Cagar Budaya belum sepenuhnya menyentuh ke lapisan masyarakat bawah, terutama mereka yang bersentuhan lansung dengan objek cagar budaya. Lalu, bagaimana dengan Kawasan Percandian Muarajambi? Sejauhmana kerja tim ahli yang dibentuk oleh Wamendikbud, jawaban yang saya dapatkan dalam forum tersebut yakni masih dalam proses. Jadi sabar saja, begitu katanya. Kita harus menunggu lagi nih, meski beberapa bulan yang lalu beberapa koran nasional mengabarkan, mereka (TACB) segera melaporkan hasil penelitiannya sehingga penyelamatan Percandian Muarajambi dari proses pengrusakan akibat aktivitas 'stockfile' di area kawasan Percandian Muarajambi bisa terealisasi.

*Kota Jambi,  16 November 2016.

0 Komentar