Jumardi Putra dan Buku

 

Jumardi Putra dan buku miliknya. Sumber: Febrianiko

"Buku apapun yang kau cari pasti bang Jumardi punya."

Begitulah penggambaran sosok Jumardi Putra, seorang esais, pecinta sejarah dan budaya Jambi. Ia dikenal sebagai salah satu tuo tengganai dan tempat bertanya tulis menulis di provinsi Jambi. Beliau memiliki koleksi buku yang luar biasa. Tak jarang di antara sesama teman penulis, sejarawan dan pegiat budaya kalau mencari buku pergi menemui bang Jumardi, meminjam buku dan ya cukup lama mengembalikannya, Ha ha ha.

Kiprahnya di bidang literasi tidak usah diragukan lagi. Setahu saya dia sudah berkali-kali mengikuti festival literasi Internasional, di antaranya Ubud Writers and Readers Festival (UWRF), Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) dan masih banyak majelis literasi lainnya. Tulisannya sendiri banyak menghiasi media baik cetak maupun elektronik.

Kembali soal koleksi bukunya. Ia pernah bercerita bahwa ketika lulus dari Pesantren Tebuireng dan lulus kuliah di Yogyakarta ia harus membawa berkardus-kardus buku ke Jambi.

Jumlah pasti koleksi bukunya sendiri saya tidak tahu pasti. Namun saya punya pengalaman membantu memindahkan buku miliknya dari rumah lama ke rumah baru, itu seharian gak selesai memindahkan buku-buku tersebut. Itupun diakuinya sebagian buku-buku miliknya masih tersimpan di Kabupaten Bungo, tepatnya di rumah orangtuanya di Desa Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal. 

Koleksi buku Jumardi Putra. Sumber: Febrianiko.

Soal mutu tulisan, Bang Jumardi memberi wejangan begini, "Tulisan berisikan data dan fakta itu penting. Namun juga dibutuhkan argumentasi sebagai prasyarat utama serta yang tak kalah penting mengkemasnya sehingga menarik dibaca.

"Tidak sedikit orang menulis terpaku hanya dengan data dan fakta. Abai membangun argumentasi yang kuat dan mengkemasnya agar menarik dibaca,” ujarnya.

Itu aja dulu deh. Masih banyak hal menarik yang bisa dibahas tentang beliau ini. Lain kali akan saya bahas kalau ada kesempatan.

Oh iya itu foto bukunya hanya sebagian dari ruangannya. Ketika saya memfoto buku-buku ini, di belakang saya masih banyak juga bukunya .

*Tulisan ini oleh Febrianiko Satria. Ia aktif menulis cerita pendek, puisi dan naskah drama. Sumber tulisan: https://www.kompasiana.com/nikox7/60e70f0006310e7133091622/bang-jumardi-dan-koleksi-buku-yang-luar-biasa

0 Komentar