Menuju Malay Writers 2024, Pusat Kebudayaan Jambi Rajut Jejaring Literasi

Diskusi Merajut Literasi

Giat sastra di Provinsi Jambi tidak pernah berhenti. Pelbagai kegiatan yang mendorong terciptanya iklim literasi dilakukan pelbagai komunitas di banyak tempat. Salah satunya diskusi merajut jejaring literasi yang ditaja Pusat Kebudayaan Jambi bekerjasama dengan Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) dan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 23 Oktober 2023, bertempat di Aula Balai Pelestarian Kebudayaan  Wilayah V Provinsi Jambi. Hadir sebagai pemantik diskusi Ida Karwayu selaku Co Direktur Festival Penulis Internasional Makasar dan penulis Ida Bagus Aditya Putra Pidada. Di hadapan ratusan peserta, dua pemateri hasil seleksi Manajemen Talenta Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, itu berbagi pengalaman membangun dan merawat komunitas literasi agar terus tumbuh dan berkembang sebagai kawah candradimuka di daerah mereka masing-masing. Selain berbagi pengalaman mengorganisasikan iven atau festival penulis, mereka juga membagikan kisah perjalanan personal mereka selama menekuni dunia kepenulisan.

Diskusi berjalan hangat seiring antusiasme peserta yang datang dari pelbagai latar belakang yaitu seperti penulis, akademisi, guru, mahasiswa dan pegiatan literasi di Kota Jambi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Bepekat Beselang: Satellite Event Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) yang berlangsung mulai dari tanggal 23 Oktober sampai 11 November 2023 di pelbagai lokasi di Kota Jambi yakni di Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Jambi, Universitas Jambi, UIN STS Jambi, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Jambi, Tempoa Art and Gallery, SMA Nasional Sariputra dan Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi.

Pemateri 

Perhelatan sastra-budaya ini dihadiri penulis-penulis tanah air hasil seleksi tim Manajemen Talenta Nasional, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Selain penulis nasional, Bepekat Beselang juga dihadiri seniman asal Amerika Serikat, Eddel Rodriguez dan kartunis Edi Dharma asal Jambi. Para penulis tersebut akan berbagi ilmu dan pengalamannya bersama akademisi, guru, seniman, pelajar SMA/SMK, serta komunitas literasi di Jambi.

Rangkaian kegiatan yang ditaja Pusat Kebudayaan Jambi ini terdiri dari dialog kreatif, diskusi dan observasi, pelatihan menulis, dan residensi. Program ini diharapkan menjadi ajang interaksi penulis Jambi dengan penulis nasional dan internasional.

Puncaknya, rangkaian kegiatan Satellite Event UWRF 2023 di Jambi ini merupakan bagian dari agenda menyongsong perhelatan akbar Malay Writers and Readers Festival (MWRF) 2024 yang mempertemukan para penulis dari pelbagai negara yang diharapkan dapat berkumpul di Jambi.

0 Komentar